Zenfone Max M2: HP Gaming Powerful di Kelasnya

Tanggal 11 Desember 2018, ASUS resmi memperkenalkan tiga buah smartphone terbarunya yang diberi label gaming.

asus-zenfone-max-pro-m2-zenfone-max-m2-dan-rog-phone-resmi
credit: daily.oktagon.co.id

Awal bulan itu, saya memang sedang mencari smartphone baru demi mewujudkan cita-cita #2019GantiHape. Karena hp saya memang sudah jadul. Layarnya kecil, dipakai media sosial lemot, ditambah lagi baterainya cepat habis nggak tahu ke mana.

Saya sama seperti laki-laki kebanyakan, hobi bermain game. Saya biasa bermain game di PC. Namun belakangan saya merasa bermain game di PC kurang praktis.

Oleh karena itu, saya memutuskan untuk mencari hp yang dapat menunjang aktivitas harian, serta memiliki kemampuan gaming yang mumpuni agar hobi bermain game tetap tersalurkan.

Kebetulan, ASUS baru saja mengumumkan bahwa mereka akan segera merilis hp gaming terbaru bertipe “M2” di Indonesia.

Saya menduga hp tersebut ialah Zenfone Max Pro M2, penerus dari hp gaming yang sangat ‘meledak’ di awal tahun lalu, yaitu Zenfone Max Pro M1.

Hal ini membuat saya tertarik mengikuti perkembangannya. Bahkan, saya sampai ikut menyaksikan event launchingnya via live streaming YouTube.

Sesuai dugaan saya, dari ketiga smartphone yang dirilis, yang paling banyak mencuri perhatian ialah Zenfone Max Pro M2. Wajar saja. Hp ini mendapatkan upgrade yang signifikan dari serinya terdahulu.

Namun bagi saya, seri non-pro alias Zenfone Max M2 juga tak kalah menarik. Zenfone Max M2 hadir sebagai salah satu hp yang powerful di kelasnya.

Hanya dengan 2,3 juta rupiah, kita akan mendapatkan hp dengan performa yang apik, baterai yang besar, dan tentu pengalaman bermain game yang menyenangkan.

capture

Performa Tinggi

Zenfone Max M2 hadir dengan prosesor canggih besutan Qualcomm, yaitu Snapdragon 632. Prosesor ini merupakan upgrade dari seri 625. Diklaim memiliki kecepatan 40 kali lebih cepat dibanding pendahulunya. Memberikan pengalaman gaming yang lebih halus, responsif, dan kencang. Tapi tidak membuat hp cepat panas dan hemat baterai.

snapdragon

Zenfone Max M2 tersedia dalam dua varian RAM, yaitu 3 GB dan 4 GB. Menurut saya, kapasitas tersebut sudah lebih dari cukup untuk memainkan game berat dengan lancar, mengingat sistem operasi yang digunakan adalah stock Android Oreo 8.0. Sistem operasi yang terkenal ringan dan tidak memakan banyak ruang.

Baterai Besar

baterai

Hp dengan baterai besar biasanya berbadan bongsor. Tapi tidak dengan Zenfone Max M2. Dibalik bodi rampingnya yang memiliki ketebalan 7.7 mm ini, Zenfone Max M2 dibekali baterai sebesar 4000 mAh. ASUS mengklaim baterai tersebut mampu bertahan selama 2 hari untuk pemakaian intens.

Hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi saya yang sedang mencari hp gaming. Saya tidak perlu khawatir lagi soal baterai yang cepat habis ketika bermain game.

Layar Lega

layar

Zenfone Max M2 memiliki layar luas berukuran 6.3 inci dengan rasio 19:9. Kehadiran notch membuat layar Zenfone Max M2 semakin luas dan kekinian.

Display layar hp ini baru HD+ dengan resolusi 720 x 1520. Meski begitu, daya baterai yang digunakan justru semakin irit. Sehingga perpaduan ini membuat pengalaman visual dan kepuasan bermain game semakin menyenangkan.

Triple Slot

Faktor lain yang membuat saya suka dengan Zenfone Max M2 ialah triple slotnya. Hp ini menyediakan dua wadah kartu SIM dan satu wadah kartu microSD. Sehingga tidak ada yang perlu ‘dikorbankan’.

Poin ini berguna sekali untuk saya yang sering menyimpan data-data pribadi maupun pekerjaan di smartphone.

tripl

Face Recognition

Bagi saya, face recognition adalah salah satu fitur mewah untuk smartphone saat ini. Beruntungnya, hanya dengan harga 2 jutaan saja, kita bisa mendapatkan fitur mewah ini di Zenfone Max M2.

fr

Apabila kondisi tidak memungkinkan untuk menggunakan face recognition, Zenfone Max M2 juga memiliki fingerprint sensor di bagian belakangnya.

Kamera

Kamera memang bukan menu utama di Zenfone Max M2. Namun, ASUS tetap menyediakan berbagai macam fitur kekinian untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Seperti misalnya dual-camera dengan lensa utama 13 megapixel, dan lensa wide 2 megapixel untuk efek bokeh.

Selain itu, ASUS berencana akan memberi update software untuk fitur AI Scene Detection pada kamera belakangnya awal tahun ini. Fitur ini berguna untuk mengatur mode kamera secara otomatis agar sesuai dengan objek foto. Sehingga foto yang dihasilkan lebih natural.

43

Pada perekaman video, Zenfone Max M2 juga sudah dilengkapi fitur EIS (Electronic Image Stabilization) yang berguna untuk mengurangi efek getaran saat merekam.

Agar lebih detail, berikut spesifikasi lengkap Zenfone Max M2:

Spesifikasi ASUS ZENFONE MAX M2
Layar 6.3 inci, 720 x 1520 pixel, rasio 19:9
Dimensi fisik 158 x 76 7.7 mm
Bobot 160 gram
Prosesor Snapdragon 632 Octa-core GPU Adreno 506
RAM/ROM 3/32 GB
4/64 GB
MicroSD Up to 512 GB
Kamera Belakang Utama: 13 megapixel, f/1.8, PDAF, LED Flash, HDR
Wide: 2 megapixel, depth sensor
Kamera Depan 8 megapiksel, f/2.0, LED Flash, HDR
Kapasitas Baterai 4.000 mAh
Konektor micro-USB, jack audio 3,5mm
Kartu SIM Dual nano-SIM
Koneksi Wireless LTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, Wi-Fi Direct
Sensor Biometrik Fingerprint sensor, Face Recognition
Sistem Operasi Pure Android Oreo 8.0
Warna Midnight Black, Space Blue, Meteor Silver

Kesimpulannya, Zenfone Max M2 ini cocok sekali untuk saya yang memiliki budget 2 jutaan tetapi ingin merasakan pengalaman gaming yang powerful, memainkan game berat kapan pun di mana pun, tanpa harus khawatir kehabisan baterai.

Semoga dalam waktu dekat ini saya bisa merasakan kekuatannya.

 


Artikel ini diikutsertakan dalam BOY – Zenfone Max M2 Writing Competition.

All photos credit:

www.asus.com

www.daily.oktagon.co.id

Advertisements

One thought on “Zenfone Max M2: HP Gaming Powerful di Kelasnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s